Google Analytics Adalah: Definisi, Cara Kerja, serta Fitur dan Manfaatnya – Berumur lebih dari satu dekade, Google Analytics telah terhubung pada lebih dari 27 juta situs web di seluruh dunia.
Alat ini terkenal akan kemampuan analisisnya terhadap situs web. Tentunya, akan semakin banyak website yang terhubung dengan Google Analytics seiring waktu berjalan.
Bagi anda yang belum memahami apa itu Google Analytics, pada artikel ini, kami akan membahas seluk-beluk software ini. Mulai dari definisi, cara kerja, serta fitur dan manfaatnya.
Daftar Isi
1. Google Analytics Adalah: Definisi
Google Analytics adalah software berbasis web yang menyediakan statistik dan alat analisis dasar untuk menganalisis kinerja situs web anda. Melalui software ini, anda dapat mengakses berbagai data perilaku pengunjung situs web.
Baca juga: Website Adalah: Pengertian, Sejarah, dan Manfaatnya
Google Analytics juga digunakan untuk membuat laporan kepadatan trafik dari situs web atau blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan.
Software ini merupakan bagian dari Google Marketing Platform dan memiliki versi gratis ataupun berbayar. Oleh karena itu, anda hanya perlu memiliki akun Google untuk mendaftar.
2. Google Analytics Adalah: Cara Kerja
Untuk melacak situs web anda dengan Google Analytics, anda perlu menyalin tag meta yang diberikan, kemudian memasukkannya ke dalam tag head HTML situs web anda. Waktu yang diperlukan untuk memverifikasi kira-kira 3 hari.
Tag ini berjalan di browser setiap pengunjung, kemudian mengumpulkan data dan mengirimkannya ke Google Analytics. Setelah terkumpulkan data yang cukup dari situs anda, Google Analytics akan menghasilkan laporan untuk memvisualisasikan data seperti jumlah pengguna, bounce rate, page views, dan lainnya.
3. Google Analytics Adalah: Fitur dan Manfaat
Banyak fitur-fitur yang pada menu sidebar Google Analytics yang bermanfaat membantu pengguna mengidentifikasi tren dan pola pengunjung yang berinteraksi dengan situs web mereka. Fitur-fitur tersebut antara lain:
1. Realtime Reports
Pertama, Fitur Realtime dalam Google Analytics adalah laporan yang menunjukkan aktivitas yang sedang terjadi di situs web anda. Fitur Realtime dibagi menjadi beberapa menu, antara lain:
- Locations, menunjukkan lokasi geografis pengguna aktif anda.
- Traffic Sources, memperlihatkan persentase pengguna aktif anda yang dirujuk oleh situs atau kampanye tertentu.
- Contents, menunjukkan halaman/layar mana yang telah dilihat selama 30 menit terakhir.
- Events, menunjukkan 20 kategori acara teratas selama 30 menit terakhir, diurutkan berdasarkan jumlah pengguna yang telah berinteraksi dengan acara tersebut.
- Conversions, memperlihatkan pencapaian sasaran dalam waktu nyata dan persentase total pengguna yang menyelesaikan setiap sasaran.
2. Audience
Kedua, Fitur Audience dalam Google Analytics adalah laporan yang menunjukkan gambaran umum tentang karakteristik pengunjung situs web anda. Fitur Audience dibagi menjadi beberapa menu, antara lain:
- Active Users, menunjukkan jumlah pengguna aktif untuk situs atau aplikasi anda.
- Lifetime Value, memungkinkan anda memahami betapa berharganya pengguna yang berbeda bagi bisnis anda berdasarkan kinerja seumur hidup di beberapa sesi.
- Cohort Analysis, menunjukkan perilaku dan kinerja kelompok pengguna yang terkait dengan karakteristik yang sama.
- Audiences in Analytics, pengguna yang anda kelompokkan berdasarkan kombinasi kategori yang bermanfaat bagi bisnis anda.
- User Explorer, menunjukkan perilaku pengunjung individu pada tingkat sesi.
- Demographics, menganalisa pengunjung menurut kategori usia dan jenis kelamin.
- Interests, menganalisa minat pengunjung.
- Geo, memberikan informasi tentang bahasa dan lokasi geografis pengunjung.
- Behavior, menunjukkan hal yang dilakukan pengunjung di website anda.
- Technology, memberi tahu browser dan sistem operasi yang digunakan pengunjung.
- Mobile, menunjukkan perangkat seluler mana yang digunakan untuk berinteraksi dengan konten anda.
- Custom, memeriksa hanya data yang dihasilkan oleh pengguna di Audiences in Analytics, dan anda fleksibel untuk menentukan dimensi dan metrik tambahan dalam laporan.
- Benchmarking, membandingkan data anda dengan data industri gabungan dari perusahaan lain yang membagikan data mereka.
- Users Flow, memperlihatkan representasi grafis dari jalur yang diambil pengguna melalui situs anda.
3. Acquisition
Ketiga, Fitur Acquisition dalam Google Analytics adalah laporan yang secara garis besar mengidentifikasi bagaimana pengunjung tiba pada situs web anda. Fitur Acquisition dibagi menjadi beberapa menu, antara lain:
- All Traffic, memberi banyak detail tentang saluran akuisisi, backlink, dan sumber yang tepat yang mengarahkan pengunjung ke situs anda.
- Google Ads, jika anda menghubungkan akun Google Ads dengan Google Analytics, anda akan mendapat gambaran lengkap tentang kinerja penelusuran berbayar serta kampanye yang anda pasang
- Search Console, jika anda menghubungkan akun Google Search Console dengan Google Analytics, anda akan mendapat detail tentang kinerja lalu lintas pencarian organik anda.
- Social, mengidentifikasi jaringan tempat orang-orang terlibat dengan konten anda, seperti landing page dan halaman mana yang mereka bagikan dan sukai.
- Campaigns, menunjukkan asal pengunjung berdasarkan kata kunci berbayar dan organik, serta melihat data kinerja kunjungan, biaya, dan pendapatan untuk saluran pemasaran berbayar anda.
4. Behavior
Terakhir, Fitur Behavior dalam Google Analytics adalah laporan yang menunjukkan bagaimana pengguna berperilaku di situs web anda, seperti Tayangan Halaman, Rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung di situs, hingga Bounce Rate. Menu pada laporan Behavior antara lain:
- Behavior Flow, menunjukkan diagram alur pengunjung ketika berada di situs web anda.
- Site Content, memperlihatkan laporan interaksi pengunjung dengan konten situs web anda.
- Site Speed, menunjukkan laporan mengenai halaman situs web yang mungkin memerlukan pengoptimalan melalui Google Pagespeed Insight.
- Site Search, menunjukkan seberapa efektif fungsi penelusuran bagi pengunjung untuk mengunjungi situs Anda.
- Events, mengumpulkan data tentang interaksi pengunjung terhadap konten Anda.
Demikian penjelasan Google Analytics dari Shankara Web. Ada banyak macam data yang bisa kita peroleh dari Google Analytics. Yang terpenting, dengan menghubungkan Google Analytics pada situs web, anda akan lebih mudah untuk mengoptimalkan website.